بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selamat Datang di Blog Belajar Biologi

10 FAKTA TENTANG SEL

Sel adalah unit dasar kehidupan. Apakah mereka akan bentuk kehidupan uniseluler atau multiseluler, semua organisme hidup terdiri dari dan tergantung pada sel-sel untuk berfungsi secara normal. Para ilmuwan memperkirakan bahwa tubuh kita mengandung manapun 75-100 triliun sel. Sel melakukan segalanya dari memberikan struktur dan stabilitas untuk memberikan energi dan sarana reproduksi untuk organisme. 10 berikut ini fakta tentang sel akan memberi Anda terkenal dan mungkin sedikit dikenal tidbits informasi tentang sel.

1. Sel terlalu kecil untuk dilihat tanpa pembesaran.
Sel berbagai ukuran dari 1 sampai 100 mikrometer. Penelitian sel, juga disebut biologi sel, tidak akan mungkin terjadi tanpa penemuan mikroskop. Dengan memajukan mikroskop hari ini seperti mikroskop elektron dan Mikroskop Elektron Transmisi, ahli biologi sel dapat memperoleh gambar rinci terkecil struktur sel.

2. Ada dua tipe utama sel.
Eukariotik dan sel prokariotik adalah dua jenis utama dari sel. sel eukariotik disebut demikian karena mereka memiliki inti sejati. Hewan, tumbuhan, jamur dan protista adalah contoh dari organisme yang terdiri dari sel-sel eukariotik. Prokariota termasuk bakteri dan archaeans.

3. organisme prokariotik bersel satu adalah bentuk paling awal dan paling primitif dari kehidupan di bumi.
Prokariota dapat hidup dalam lingkungan yang akan mematikan bagi kebanyakan organisme lain. Mereka mampu hidup dan berkembang di habitat berbagai ekstrim. Archaeans misalnya, tinggal di daerah seperti ventilasi hidrotermal, air panas, rawa, lahan basah, dan bahkan usus hewan.

4. Ada banyak sel bakteri dalam tubuh dari sel-sel manusia.
Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa sekitar 95% dari semua sel dalam tubuh bakteri. Sebagian besar mikroba ini dapat ditemukan di dalam saluran digetive.

5. Sel berisi materi genetik.
Sel-sel mengandung DNA (asam deoksiribonukleat), informasi genetik yang diperlukan untuk mengarahkan kegiatan selular. DNA adalah jenis molekul yang dikenal sebagai asam nukleat. Pada sel prokariotik, molekul DNA tunggal bakteri ini tidak lepas dari sisa sel tetapi melingkar di sebuah daerah sitoplasma yang disebut wilayah nucleoid. Pada sel eukariotik, molekul DNA terletak di dalam inti sel. DNA dan protein merupakan komponen utama dari kromosom. Sel manusia mengandung 23 pasang kromosom (untuk total 46). Ada 22 pasang autosom (non-seks kromosom) dan sepasang kromosom seks. X dan kromosom seks Y menentukan jenis kelamin.

6. Sel berisi struktur yang disebut organel yang melaksanakan fungsi tertentu.
Organel memiliki berbagai tanggung jawab dalam sel yang meliputi segala sesuatu dari menyediakan energi untuk memproduksi hormon dan enzim. sel-sel eukariotik mengandung beberapa jenis organel, sedangkan sel prokariotik mengandung beberapa organel (ribosom) dan tidak ada yang terikat oleh membran. Ada juga perbedaan antara jenis organel yang ditemukan dalam berbagai jenis sel eukariotik. Sel tumbuhan misalnya, berisi struktur seperti dinding sel dan kloroplas yang tidak ditemukan pada sel hewan. Contoh lain dari organel termasuk:

    * Inti
    * Mitokondria
    * Endoplasma Retikulum
    * Golgi Kompleks
    * Ribosom

7. Berbagai jenis sel mereproduksi melalui metode yang berbeda.
Kebanyakan sel prokariotik mereproduksi dengan proses yang disebut pembelahan biner. Ini adalah jenis kloning proses di mana dua sel identik berasal dari satu sel. organisme eukariotik memiliki tipe yang sama metode reproduksi yang dikenal sebagai mitosis. Beberapa eukariota juga memiliki kemampuan untuk bereproduksi secara seksual, yang melibatkan fusi sel kelamin atau gamet. Gamet dihasilkan oleh sebuah proses yang disebut meiosis.

8. Kelompok sel yang sama bentuk jaringan.
Jaringan adalah kelompok sel dengan baik bersama struktur dan fungsi. Sel-sel yang menyusun jaringan hewan kadang-kadang dijalin bersama dengan serat ekstraseluler dan kadang-kadang diadakan bersama oleh zat lengket yang melapisi sel. Berbagai jenis jaringan juga bisa diatur bersama untuk membentuk organ. Kelompok organ pada gilirannya dapat membentuk sistem organ.

9. Sel memiliki berbagai rentang kehidupan.
Sel dalam tubuh manusia memiliki rentang kehidupan yang berbeda berdasarkan jenis dan fungsi sel. Mereka dapat tinggal di mana saja dari beberapa hari sampai satu tahun. sel-sel tertentu pada saluran pencernaan hidup hanya beberapa hari, sementara beberapa sel sistem kekebalan tubuh dapat hidup sampai enam minggu. sel-sel pankreas dapat hidup selama satu tahun.

10. Sel bunuh diri.
Ketika sel menjadi rusak atau mengalami beberapa jenis infeksi, itu akan merusak diri dengan proses yang disebut apoptosis. Apoptosis bekerja untuk memastikan pengembangan yang tepat dan untuk menjaga proses alami tubuh mitosis di cek. Sebuah ketidakmampuan sel untuk menjalani apoptosis dapat mengakibatkan perkembangan kanker.

Sumber : klik disini

0 komentar:

Posting Komentar