بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Selamat Datang di Blog Belajar Biologi

STRUKTUR SEL

Hidup ini baik yang indah dan megah. Namun untuk semua keagungan, semua organisme tersusun dari unit dasar kehidupan, sel. Sel adalah unit yang paling sederhana materi yang masih hidup. Dari bakteri bersel satu sampai hewan multisel, sel adalah salah satu prinsip dasar organisasi biologi. Mari kita lihat beberapa komponen ini pengelola dasar organisme hidup.Sel eukariotik dan prokariotik SelAda dua jenis utama sel: sel eukariotik dan sel prokariotik. sel eukariotik disebut demikian karena mereka memiliki inti sejati. Inti, yang merupakan tempat DNA, yang terkandung dalam membran dan dipisahkan dari struktur selular lainnya. Namun sel prokariotik tidak memiliki nukleus sejati. DNA dalam sebuah sel prokariotik tidak terlepas dari sisa sel tetapi melingkar di wilayah yang disebut nucleoid tersebut.
Seperti yang diselenggarakan di Tiga Domain Sistem, prokariota termasuk archaeans dan bakteri. Eukariota termasuk hewan, tumbuhan, jamur dan protista. Biasanya, sel eukaryoitc lebih kompleks dan jauh lebih besar daripada sel prokariotik. Rata-rata, sel-sel prokariotik sekitar 10 kali lebih kecil dengan diameter dari sel-sel eukariotik.
Eukariota tumbuh dan berkembang biak melalui proses yang disebut mitosis. Dalam organisme yang juga bereproduksi secara seksual, sel-sel reproduksi yang dihasilkan oleh jenis pembelahan sel yang disebut meiosis. Kebanyakan prokariota mereproduksi melalui proses yang disebut pembelahan biner. Selama pembelahan biner, molekul DNA tunggal ulangan dan sel asli dibagi menjadi dua sel anak yang identik.
Kedua organisme eukariotik dan prokariotik mendapatkan energi yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan mempertahankan fungsi sel normal melalui respirasi selular. respirasi Cellular memiliki tiga tahap utama: glikolisis, siklus asam sitrat, dan transpor elektron. Pada eukariota, reaksi respirasi paling selular berlangsung dalam mitokondria. Pada prokariota, mereka terjadi pada sitoplasma dan / atau dalam membran sel.Struktur Cell-CellAda juga banyak perbedaan antara struktur sel eukariotik dan prokariotik. Tabel berikut ini membandingkan struktur sel yang ditemukan dalam sel prokariotik khas dengan yang ditemukan dalam sel hewan khas eukariotik.


Sumber : klik disini

0 komentar:

Posting Komentar